Senin, 29 November 2010

Perkembangan Teknologi Komunikasi (UTS)

Nama : Siti Mutiawati
NIM : 0871502043
Klp : AB
Mata Kuliah : Perkembangan Tekhnologi Komunikasi
Dosen : Ibu Imelda
Na ma Kelompok : SATU (KAZINAVABE)

1. Pengembangan dan cara apa yang dilakukan oleh surat kabar online sebagai alternatif menghadapi pesaingnya?
Surat kabar online merupakan media yang paling efektif dalam menyampaikan Informasi, sehingga surat kabar online berkembang dengan pesat. Surat kabar online menyediakan informasi yang lebih cepat dibandingkan dengan surat kabar lainnya. Pengembangan yang dilakukan dari segi tampilannya harus semenarik mungkin dan seunik mungkin agar khalayak dapat tertarik, dalam segi penyajiannya pun harus kreatif dan selalu berinovasi.

2. Apa peran wartawan ketika siapapun yang memiliki komputer dan koneksi internet bisamengklaim seorang reporter, editor dan penerbit?
Peran wartawan harus dapat professional dalam perkerjaannya mencari data yang benar-benar sesuai dengan fakta dan bukan opini. Peran wartawan harus lebih dahulu mengetahui informasi sebelum siapapun mengetahui informasi tersebut dan mengklaim seorang reporter, editor, dan penerbit karena dengan komputer dan koneksi internet dapat membuktikan keaktualan dan kefaktualan sebuah berita dan dapat terdeteksi kebenaran dan kesalahan suatu informasi.

3. Apakah wartawan profesional akan dibutuhkan bahkan di zaman ketika orang bisa
mendapatkan berita mereka" tanpa filter "dengan proses editorial?
Wartawan professional masih dibutuhkan sekalipun di zaman orang bisa mendapatkan beritanya sendiri tanpa melalui filter (penyaringan), karena berita yang di dapatkan tanpa filter hanyalah berita yang berbentuk opini mereka masing-masing sedangkan berita yang melalui filter adalah berita yang sesuai dengan kode etik jurnalistik yang diterapka oleh wartawan professional dan dalam setiap penyajian berita di butuhkan wartawan profesional sehingga berita layak di sajikan.

4. Bagaimana dengan penonton? Berikan penjelasan tentang penurunan kewaspadaan
editorial tradisional, apakah yang konsumen berita lakukan sekarang sudah memiliki
tanggung jawab untuk menjadi lebih pintar dalam mencari informasi?
Penurunan kewaspadaan editorial tradisional semenjak adanya media internet semakin menurun karena kebanyakan konsumen berita sudah cukup pintar dalam memperoleh dan mencari informasi dengan media internet.

5. Apakah Anda setuju dengan penilaian bahwa ketika para ahli melihat kembali pada abad kedua puluh satu, mereka akan mengingatnya sebagai abad terakhir dari buku tersebut?
Setuju, karena buku sudah jarang di gunakan oleh masyarakat karena masyarakat lebih sering mencari informasi atau data melalui media internet.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar